Posted by: I'm Admin | May 19, 2008

100 tahun Kebangkitan Nasional.

oleh M. Sholikhin

Sebelum saya berangkat kerja tadi pagi, saya sempatkan untuk menonton berita pagi di salah satu TV swasta di Indonesia. Topik berita itu masih sama dengan topik berita hari – hari yang lalu, kasus mutilasi, kasus korupsi, penertiban PKL oleh SatPol PP dan yang tak kalah dasyatnya adalah tentang antrian BBM disejumlah SPBU diluar Jawa yang bisa sampai ratusan meter. Lantas apa hubungannya dengan judul diatas?

Baiklah kita tinggalkan antrian BBM tadi dan kembali ke-100 tahun silam. Kebangkitan Nasional ditandai dengan bangkitanya rasa persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan api kemerdekaan yang padam selama 350 tahun masa penjajahan Belanda. Masa itu diawali dengan lahirnya Boedi Oetomo yang didirikan oleh Dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908, awalnya Budi utomo lahir dari pertemuan – pertemuan di perpustakaan  School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) oleh beberapa mahasiswa antara lain Soetomo, Goenawan Mangoenkoesoemo, Goembrek, Saleh, dan Soeleman yang mendiskusikan masalah bangsa yang terpurukdan selalu dianggap bodoh dan tidak bermartabat oleh bangsa lain (Belanda), serta memikirkan bagaimana memperbaiki bangsa yang amat buruk dan tidak adil itu. Para pejabat pada saat itu yang seharusnya memikirkan nasib rakyat dan bangsanya, hanya memikirkan diri mereka sendiri dan jabatannya dengan mengabaikan kepentingan rakyat. Para pemuda tersebut terketuk hati nuraninya untuk menolong rakyat serta bangsa mereka.

Seratus tahun sudah Budi Utomo didirikan sebagai awal dari bangkitnya bangsa Indonesia dari keterpurukan. Kemajuan demi kemajuan telah dicapai oleh generasi – generasi sebelumnya meskipun masih banyak kelemahan – kelemahan yang harus diperbaiki oleh generasi – generasi selanjutnya. Kebangkitan Nasional jangan hanya sebagai slogan pemanis pamflet dan iklan – iklan layanan masyarakat di TV, atau malah menjadi manivesto politik belaka. 20 Mei seratus tahun lalu adalah hari dimana bangsa ini dapat bangkit dari penindasan, pembodohan dan ketidak-adilan yang dilakukan oleh penjajah Belanda pada bangsa Indonesia. Belum terlambat untuk menyadari bahwa bangsa kita kembali pada titik nadir seperti sebelum 20 Mei seratus tahun silam dan belum terlambat untuk kita kembali bangkit seperti yang telah dilakukan oleh pemuda – pemuda pada saat itu.

Kita yang selama ini hanya bisa menuntut dari bangsa ini tanpa memberi kontribusi positif adalah sikap kolonialis yang hanya dapat memerah keringat rakyat tanpa memberi apa pun terhadap rakyat. Mencuplik pernyataan F.D. Roosevelt ” jangan kamu liat apa yang diberikan bangsa ini pada kamu, tapi apa yang kamu berikan pada bangsa ini”. Bangsa kita saat ini sedang terpuruk dan membutuhkan bantuan dari seluruh rakyat Indonesai untuk bangkit dari keterpurukan ini, tidak cukup dengan hanya demonstrasi ataupun saling salah menyalahkan, mari kita mulai dari diri kita sendiri. 

 “…bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Raya…”


Responses

  1. Saya setuju dengan pernyataan Solikhin, mari kita bangkit bersama-sama, setidaknya mulai dari diri sendiri, lalu kita bantu orang di sekitar kita, agar makin banyak diantara kita yang bangkit! Jangan mengkritik orang lain terus, karena mengkritik itu mudah, yang sulit adalah yang menjalankan! Good luck Ikhien!

  2. way. writing a title that target the…

    emotional hot spots of your target audience is exactly what you need to do in order to increase your traffic.make sure that you are writing very short posts. the reason i say this is because the shorter your posts are, the…

  3. with a simple set of words. there…

    are certain points to keep in mind while writing a blog post.researchafter choosing the topic you want to write on, first thing you need to do is a proper research on that topic over the internet. always keep a pen and…

  4. about, but the album ends with “you’re…

    still standing there.” the song shows he realizes that he’s used up all his chances and has to make good on everything this time. a life changer.2. washington square serenade – 2007after a 3 year album break, during which the earles…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: